JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Rabu, 03 November 2021

Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli Mobil yang Jarang Dipakai

Ganti oli mobil yang jarang dipakai merupakan hal yang dianggap tidak perlu untuk dilakukan bagi kebanyakan orang. Asumsi ini berdasarkan pemikiran bahwa oli pada mobil tetap awet apabila mobil jarang digunakan oleh pemiliknya. Ya, banyak orang berpatokan bahwa jadwal mengganti oli didasarkan pada jarak tempuh dari mobil tersebut. Padahal, mengganti oli tidak sekedar memperhatikan angka kilometer saja, tetapi juga mempertimbangkan waktu.

Gambar oleh Skica911 dari Pixabay 

Nah, mengapa mobil yang jarang dipakai tetap harus diganti oli? Pada mobil yang jarang digunakan, otomatis membuat oli bisa mengendap ke bagian bawah mesin. Hal ini bisa menyebabkan komponen pada mesin menjadi korosif dan kering. Bahkan, endapan oli yang terlalu lama bahkan dapat membuat campuran kimia yang terkandung di dalamnya menjadi rusak sehingga oli tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Memang, meskipun sudah memilih oli yang bagus, namun ketika mobil jarang dipakai, maka proses oksidasi yang terjadi dalam ruang mesin dapat mengakibatkan munculnya uap air. Uap air ini tentunya akan mempengaruhi fungsi pelumas bahkan menghilangkan fungsi tersebut pada mesin ketika bercampur dengan oli. Pada akhirnya, komponen mesin pada mobil menjadi mudah berkarat dan bahkan rusak.

Menentukan Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Ganti Oli Mobil yang Jarang Dipakai

Suatu hal yang terbilang umum apabila para pemilik mobil melakukan ganti oli dengan melihat tampilan angka kilometer. Tidak salah sih, karena memang pergantian oli yang disarankan adalah apabila mobil telah mencapai jarak tempuh antara 5000 sampai 10.000 kilometer.

Namun, hal tersebut tidak berlaku pada mobil yang jarang digunakan. Ganti oli mobil yang jarang dipakai sebaiknya dilakukan berdasarkan waktu, yaitu jangka waktu penyimpanan mobil. Nah, waktu yang disarankan adalah sekitar 6 bulan sekali atau maksimal setahun sekali. 

Selain ganti oli mobil yang jarang dipakai, ada lagi nih yang perlu kamu lakukan agar mesin mobilmu tetap awet meskipun sudah tersimpan untuk waktu yang cukup lama. Salah satu perawatan mobil yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memanaskan mesin mobil secara rutin setidaknya sekitar 10-15 menit setiap hari.

Selagi menyalakan mesin mobil, AC mobil jangan lupa ikut dinyalakan juga ya kalau kamu ingin AC mobilmu tetap terawat dan berfungsi normal. Kemudian, setelah kamu selesai memanaskan mobil, kamu bisa melepas kabel pada aki mobil apabila mobil tersebut tidak akan digunakan dalam waktu dekat atau bahkan lebih dari seminggu. Tindakan ini merupakan bentuk perawatan terhadap aki mobil agar tidak soak walaupun mobil jarang dipakai.

Meskipun belum waktunya untuk ganti oli mobil yang jarang dipakai, alangkah bijaksana jika kamu tetap mengecek oli secara berkala.

Mengecek oli dan melakukan pergantian oli sangat penting dilakukan agar performa kendaraan senantiasa terjaga. Langkah utamanya adalah melalui maintenance sesuai periode waktu yang tertera pada manual book mobil itu sendiri. Bahkan, pemilik mobil semestinya lebih sering melakukan pengecekan oli pada mobil yang jarang dipakai ketimbang mobil yang setiap harinya digunakan. Mengapa demikian?

Komponen pada mesin mobil yang sudah lama tersimpan seringkali menjadi tidak presisi. Hal ini mengakibatkan volume oli menjadi berkurang karena terjadinya kebocoran atau bisa jadi oli merembes ke bagian bawah mesin. Jika terjadi hal seperti ini, kamu perlu menambahkan oli  sesuai takaran yang dibutuhkan mesin mobil.

Ganti Oli Mobil yang Jarang Dipakai Melalui Otoklix

Bingung mau ganti oli mobil yang jarang dipakai di bengkel mana? Cek di Otoklix aja! Ada banyak pilihan bengkel umum yang siap membantumu mengganti oli mobil dengan biaya yang transparan dan kompetitif, bahkan lebih hemat hingga 50% lho dibandingkan bengkel resmi pada umumnya. Jadi, kamu gak perlu khawatir dengan biaya yang akan dibebankan setelah selesai melakukan pergantian oli, yang kerap kali membuatmu kaget karena di luar ekspektasi kamu! Dan, pengeluaran kamu tentu akan lebih hemat. Lumayan kan buat uang jajan..

Selain itu, bengkel umum pilihan di Otoklix ada lebih dari 1000 bengkel terpercaya yang tersebar di seluruh Jabodebatek. Sudah pasti kamu bisa menemukan bengkel yang terdekat dengan lokasi rumahmu di antara ribuan bengkel tersebut, bukan? Yang paling penting, kualitas bengkel umum di Otoklix tentunya tidak kalah dengan bengkel resmi, baik dari segi kemampuan mekanik, kelengkapan fasilitas bengkel bahkan kualitas pelayanan yang diberikan.

Jangan ragu lagi, jadikan pengalaman ganti oli mobil kamu lebih praktis dan menyenangkan dengan booking service sekarang juga di mitra bengkel pilihan Otoklix! Perawatan mobil maksimal layaknya di bengkel resmi dengan biaya yang jauh lebih hemat, ya cuma di Otoklix.


0 Komentar Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli Mobil yang Jarang Dipakai

Posting Komentar

Back To Top