JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Jumat, 12 Oktober 2018

Tips Jitu Merawat Kampas Rem Agar Awet

Berkendara memang menjadi aktivitas harian yang tak akan pernah lepas dari hidup kita. Sebab sehari – hari pastinya kita akan mengendarai motor atau mobil yang mengantarkan kita menuju berbagai tempat tujuan yang kita inginkan.

Seperti pergi ke pasar, kerja, sekolah, mengantarkan anak – anak les, wisata dan masih banyak lagi. Tentunya hal tersebut akan didukung dengan berkendara agar sampai kesana. Dalam hal berkendara tentunya ada berbagai macam aspek yang perlu diperhatikan guna menjaga kenyamanan dan keamanan ketika berkendara. Salah satunya adalah kampas rem.

Kampas rem memang harus selalu diperhatikan karena jika kampas rem bermasalah maka keamanan kita dalam berkendara akan terganggu. Agar kampas rem mobil atau motor kita selalu awet, tentu harus kita rawat dengan baik.

Tips Rawat Kampas Rem Agar Awet


Agar kampas rem awet dan tidak memiliki masalah, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Simak berikut ini beberapa tips untuk merawat kampas rem agar awet.

Jaga dan Selalu Periksa Kondisi Tromol

Kondisi tromol khususnya pada bagian dudukan cakram baik untuk tromol baru ataupun tromol bekas harus selalu kita periksa. Dengan memeriksa dudukan tromol akan kita tahu kesehatan rem mobil atau motor kita.

Untuk membersihkan tromol, pastikan penampang cakram dalam keadaan bersih kemudian bersihkan tromol dengan baik. Pastikan juga permukaan dudukan cakram rata. Hal ini bertujuan agar piringan cakram bekerja simetris sehingga beban kampas rem tidak terlalu berat.

Bersihkan Kaliper dan Pin Fleksibel
Langkah selanjutnya adalah membersihkan kaliper dan juga pin fleksibel. Hal ini ditujukan supaya tekanan yang diberikan kampas rem sama rata. Perhatikan jarak bebas antara piringan dan kampas rem, jika belum dalam jarak yang sempurna maka atur supaya dalam keadaan yang tepat.

Bearing Roda Terlumasi

Lakukan pelumasan secara teratur. Pelumasan ini dilakukan untuk melumasi bearing roda supaya tidak kering. Bagian ini bertujuan untuk menghindari terjadinya speling dan bearing agar piringan cakram tidak bersinggungan dengan kampas rem.

Nah, beberapa cara diatas dapat anda lakukan untuk menjaga kampas rem selalu dalam keadaan baik dan awet. Semoga informasi Tips Jitu Merawat Kampas Rem Agar Awet bermanfaat. Jangan lupa baca Hal yang Perlu Diperhatikan Pengemudi Saat Hujan.

0 Komentar Tips Jitu Merawat Kampas Rem Agar Awet

Posting Komentar

Back To Top