JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Senin, 04 Desember 2017

Apa yang Harus Anda Lakukan Ketika Mobil Bekas Mogok di Tengah Jalan?

Sebetulnya baik mobil baru maupun mobil bekas bisa mengalami resiko tiba-tiba mogok di tengah jalan dan sulit untuk distarter kembali. Kalau tidak ada bengkel di area tempat mobil Anda mogok, janganlah panik. Di bawah ini ada berbagai macam tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil mogok mendadak di tengah jalan. Selain itu, Anda juga perlu paham tentang informasi mobil secara umum seperti kendala, solusi, hingga perawatannya.

11 langkah yang harus dilakukan saat mobil bekas mengalami mogok


1. Tetaplah tenang

Saat mobil bekas Batam Anda mati, janganlah langsung panik tetapi bersikaplah tenang. Hal ini akan membuat Anda dapat berpikir lebih rasional dalam mencari solusinya. Jika Anda bepergian bersama keluarga atau orang lain, jangan saling menyalahkan karena masalah mogok ini.

2. Carilah tempat yang aman

Pastikan mobil Anda yang mogok berada di bahu atau pinggir jalan dan tidak berada di tengah jalan dan menghalangi laju kendaraan lainnya. Carilah tempat yang aman dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Setelah itu nyalakan lampu tanda darurat dan jangan lupa pasang segitiga pengaman dengan jarak kira-kira 2 meter dari belakang mobil seken Batam Anda yang mengalami mogok. Hal ini untuk memberikan isyarat kepada para pengguna kendaraan atau jalan lainnya bahwa mobil Anda mengalami mogok.

3. Cek bagian panel indikator

Cari tahu penyebab kenapa mobil Anda mogok dengan melihat pada bagian panel indikator. Ingat bahwa masing-masing penyebab mobil mogok harus diatasi dengan cara berbeda. Ada beberapa indikasi yang dapat dilihat lewat panel indikator sehingga saat Anda tahu dapat segera diatasi sesuai masalah yang muncul dan mungkin untuk dilakukan.

4. Cek bahan bakar mobil

Cobalah cek bahan bakar mobil bekas batam murah dan pastikan bahwa volumenya masih dalam keadaan cukup. Jika pemaikaian bahan bakar sudah melebihi batas penggunaan, maka biasanya akan muncul tanda peringatan di panel indikator mobil yaitu lampu menyala di bagian gambar pompa bensin. Jika volume bensin ternyata kurang, maka Anda harus mencari pom bensin atau penjual bahan bakar terdekat untuk mengisinya kembali. Sebagai informasi bila terjadi tekanan bahan bakar, Anda dapat mengetahuinya dari pergerakan kepala baut yang ada di pulsation dumper. Dan cara untuk mengeceknya adalah memutar kunci kontak ke posisi ‘start’ dan melihat apakah bautnya bergerak ke arah luar, karena jika iya maka mobil dipastikan mengalami tekanan bahan bakar.

5. Pompa mati

Pompa bahan bakar bensin yang mati dan tidak dapat mengalirkan bensin dengan lancar ke mesin mobil akan membuat mobil seken Batam hari ini jadi cepat mogok. Jadi, untuk memastikan bahwa masalah mobil mogok bukan dari berasal pompa bbm yang mati, Anda bisa mengecek tangki bahan bakarnya lalu membukanya dan di waktu bersamaan menyalakan mesin mobil. Tangki bahan bakar bisa lebih awet umurnya jika Anda selalu membiarkan tangki bensin dalam keadaan penuh untuk mencegah terjadinya korosi.

6. Alternator aus

Alternator berfungsi dalam pengisian arus listrik ke aki mobil dan jika bagian ini rusak maka mau tidak mau aki mobil tidak akan mendapatkan pasokan listrik yang dibutuhkan agar mesin tetap menyala. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan alternator seperti misalnya kabel pengisian listrik ke aki berkarat, kawat tembaga yang putus, diode di alternator putus. Hal itu disebabkan posisi alternator yang berada di bagian bawah mesin mobil sehingga rawan terkena air dan kotoran, kabel pun menjadi gampang korosi dan getas. Kalau ini dibiarkan terus menerus maka mobil jadi mogok.

7. Saringan mobil yang mampet

Jika saringan bahan bakar mobil bekas Batam mengalami mampet maka otomatis tekanan yang dihasilkan ke mesin pada mobil jadi berkurang. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa mobil jadi mogok. Jika saringan mampet, gejalanya saat mobil dijalankan maka akan tersendat-sendat dan lama kelamaan mesinnya juga akan mati.

8. Tegangan arus litrik

Penyebab mobil bekas mogok yang sering terjadi adalah disebabkan tegangan arus listrik ke koil berkurang sehingga proses pembakaran jadi terhambat sebab ignition atau pemantik api mobil tidak mendapatkan cukup aliran listrik. Anda harus segera melakukan pengecekan pada bagian kabel distributor aliran listrik tersebut, lalu nyalakan mobilnya. Ketika mobil dinyalakan dan ada percikan api itu tandanya masih mendapatkan aliran listrik. Namun, jika Anda tidak melihat tanda apapun maka berarti bisa jadi ada masalah dan cobalah dicek apakah terdapat kabel sambungan yang kurang tersambung sempurna.

Kedua, arus litrik ke aki mobil bisa lemah juga ketika kabel di minus aki atau terminal plus agak kendur ataupun dinamo/ alternator mobil aus. Pastikan kabel pada aki mobil tidak putus ataupun kendur, kalau misal tidak terpasang baik maka segera perbaiki dengan mengencangkannya. Tapi sebaiknya sebelum dikencangkan, Anda bersihkan terlebih dahulu terminal tersebut sampai bersih, bisa menggunakan amplas atau sikat gigi. Jangan lupa juga cek pada bagian volume air aki untuk pastikan masih cukup. Kalau akinya memang sudah aus maka mau tidak mau bawa ke bengkel mobil untuk diganti.

9. Mesin mobil terlalu panas (overheating)

Mogoknya mobil bekas batam 2017 paling sering terjadi adalah karena mesin mobil yang terlalu panas. Hal ini terjadi karena temperatur mesin mobil naik dan Anda bisa mengeceknya langsung dengan melihat pada jarum indikator temperatur mesinnya di bagian instrumen panel. Ketika jarum indikatornya lebih dari setengah maka bisa dipastikan bahwa mesin mobil sudah terlalu panas.

10. Selangnya bocor

Selang bahan bakar bensin yang ada di mobil bisa mengalami kebocoran dan itu berarti bensin yang seharusnya dikirim ke mesin jadi berkurang baik dalam hal jumlah maupun tekanannya. Mau tak mau Anda harus segera mengecek pada bagian selang mobil yang bocor ini dan lebih baik segera diperbaiki atau ganti agar mobil tidak kembali mogok.

11. Karburator mengalami masalah

Karburator yang bermasalah juga bisa membuat mobil mendadak mogok karena aliran atau semburan bahan bakar yang sangat sedikit membuat proses pembakaran menjadi kurang sempurna. Akhirnya mesin mobil jadi sulit untuk dihidupkan. Cara mengecek apakah mobil Anda mogok disebabkan karena hal ini adalah dengan melepaskan selang bahan bakarnya kemudian bagian ujung dimasukkan ke dalam botol kosong. Nyalakan mesin mobilnya dan apabila bahan bakar masih mengalir itu tandanya karburator masih berfungsi secara baik. Sebaliknya, kalau saat dimasukkan ke dalam botol dan mesin mobil distarter namun tidak ada bensin yang mengalir, itu berarti karburator mengalami masalah dan harus segera diperbaiki.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika mobil bekas Anda mengalami kritis sehingga mogok. Mengingat hal ini bisa saja terjadi, saat membeli mobil seken selalu lakukan pengecekan mesin mobilnya di segala bagian. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Apa yang Harus Anda Lakukan Ketika Mobil Bekas Mogok di Tengah Jalan?

Posting Komentar

Back To Top