JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Senin, 06 November 2017

7 Perawatan Mobil di Saat Musim Hujan yang Penting Dilakukan

Sekarang ini, Indonesia sudah memasuki musim hujan. Hampir diseluruh daerah di Indonesia, hujan tersebar merata. Disaat hujan seperti ini, biasanya mobil menjadi pilihan dari kebanyakan orang untuk berpergian. Pada saat seperti ini memang membuat anda terlindungi, namun bagaimana untuk mobil apakah ada cara perawatan mobil di saat musim hujan? Tentunya mobil membutuhkan perawatan pula upada saat musim hujan. Dan untuk mengetahuinya, simaklah informasi menarik berikut ini.


7 Cara Perawatan Mobil di Saat Musim Hujan



1. Jangan Biarkan Air Hujan Mengering

Saat berkendara di tengah hujan, tentunya mobil akan mengalami  basah yang sangat. Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai mobi tersebut kering dengan sendirinya. Karena bahaya air hujan terhadap cat mobil sangat mungkin terjadi. contohnya, cat akan mengelupas atau retak sedikit demi sedikit. Tidak hanya sampai disitu, seringnya air hujan terkena cat mobil akan mengakibatkan mobil cepat mengalami berkarat.

2. Semprotkan Silicon Spray

Mobil memiliki bagian-bagian tertentu yang terbuat dari karet dan kaca. Biasanya ini terletak bagian jendela. Bagian-bagian ini bila terkena hujan dan panas akan cepat sekali mengalami kerusakan. Untuk itu cara perawatan mobil di saat musim hujan yang tepat adalah dengan menyemprotkan silicon spray. Ini akan membuat bagian kaca dan karet lebih awet dan juga lebih lentur.

3. Letakkan Mobil di Garasi yang Aman dan Tertutup

Setelah melakukan pencucian mobil dan mengeringkannya, jangan lupa masukkan mobil ke garasi. Sebagai saran, usahakan garasi untuk mobil ini tertutup dan aman dari air hujan. Ini penting dilakukan untuk menghindari air hujan yang mungkin akan mengotori mobilmu lagi setelah dicuci atau menggunakan cover khusus untuk mobil yang biasanya banyak dijual di tepi jalan.

4. Menambahkan Karpet

Pada saat hujan tidak hanya bagian luar yang terkena efek mobil kehujanan. Karena bagian dalam pun dapat terkena dampak. Biasanya terjadi bila berkendara dengan penumpang saat musim hujan, kebanyakan penumpang akan naik dengan alas kaki yang basah. Ini akan membuat lantai mobil menjadi kotor dan membuat jamur mulai bertumbuh. Di samping itu, bukan tidak mungkin lantai mobil akan terkikis karena terus menerus terkena air dari alas kaki tersebut. Oleh karenanya, penting untuk menambahkan karpet untuk melapisi lantai mobil atau kalau memang mobil biasa dipakai dengan selalu ada penumpang, bisa juga menambahkan koran dibawah lapisan karpet.

5. Periksa Bagian Komponen Mesin

Biasanya orang hanya akan melakukan pemeriksaan pada bagian luar mobil setelah hujan, contohnya mengelap bagian yang basah. Namun tidak hanya itu yang penting untuk dilakukan, karena bagian mesin pun penting untuk di cek. Bukan tidak mungkin, air dapat masuk ke celah terkecil mesin mobil dan membuat mobil bermasalah. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, penting untuk mengetahui apakah mesin mobil terkena air pada saat hujan tadi atau tidak, atau yang paling aman setelah hujan langsung mencuci kolong mobil.

6. Perawatan Wiper

Pada saat hujan, wiper pada mobil adalah senjata yang paling penting. Tanpa adanya wiper, tentunya perjalanan ke tempat tujuan akan terhambat. Agar tidak terhambat dalam perjalanan perlu untuk mengecek wiper sebagai bentuk perawatan mobil di saat musim hujan. Biasanya kerusakan pada wiper dapat terjadi pada sistem penggerak wiper tersebut. Atau dapat juga terjadi pada karet yang ada pada wiper. Sehingga wiper tidak dapat bekerja dengan optimal.

7. Perawatan Rem

Pada saat musim hujan, melakukan perawatan terhadap rem adalah bagian terpenting. Karena rem akan cepat mengalami penurunan performa sebagai efek mobil kehujanan. Jangan sampai pada saat hujan, rem menjadi tidak baik performanya dan membuat terjadinya hal yang tidak diinginkan. Oleh karenanya, sebelum melakukan perjalanan penting untuk melakukan pengecekan rem.

Tujuh perawatan ini akan berguna untuk menjaga mobil disaat musim hujan. Sehingga mobil dapat berumur panjang dan harga tidak anjlok pada saat penjualannya. Perawatan mobil di saat musim hujan juga berguna untuk menjaga kondisi dan performa mobil, sehingga nyaman untuk digunakan.

0 Komentar 7 Perawatan Mobil di Saat Musim Hujan yang Penting Dilakukan

Posting Komentar

Back To Top