JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Sabtu, 07 Oktober 2017

Cara Aman Membeli Mobil Bekas Batam Lewat Online

Mobil bekas Batam kini banyak dipasarkan secara online melalui berbagai situs jual beli online yang sangat mudah diakses oleh setiap orang dimana dan kapan saja. Namun pembelian produk secara online mengharuskan kehati-hatian dalam hal pemilihan dan transaksi. Meskipun dicap mudah, pembelian produk secara online juga sudah melahirkan beragam masalah seperti penipuan dan sebagainya. Membeli mobil pun saat ini dapat dilakukan secara online. Para penjual mobil online, biasanya menampilkan foto tampilan mobil dari berbagai posisi dengan keterangan fitur yang dimiliki oleh mobil tersebut. Terkadang ada yang langsung asal percaya keberadaan mobil dan memberikan DP atau tanda jadi tanpa cek langsung keberadaan mobil di lokasi penjual.

cara aman beli mobil bekas

9 Cara Aman Membeli Mobil Bekas Batam


Dalam pembelian mobil bekas Batam murah secara online perlu mengikuti beberapa cara aman dan tips membeli mobil bekas berikut ini:

• Membuat Checklist Terlebih Dahulu

Karena saat ini sangat banyak penawaran yang dilakukan oleh pihak penjual mengenai produk mobil yang dijual, maka sebagai calon pembeli haruslah teliti dalam memilihnya. Jangan hanya terpatok pada satu pilihan produk mobil saja namun lebih baik membuat checklist atau daftar beberapa mobil yang masuk dalam kategori atau kriteria yang sudah ditetapkan. Pembuatan checklist ini akan mempermudah dalam melakukan perbandingan sebelum memutuskan untuk mendatangi yang mana.

• Melakukan Investigasi Terhadap Penjual

Menginvestigasi penjual juga merupakan syarat penting dalam melakukan pembelian produk via online terlebih saat hendak membeli mobil. Biar saja dicap sebagai calon pembeli yang cerewet namun memperoleh produk yang kualitasnya terjamin. Jangan sungkan dan segan untuk menanyakan nama, alamat dan KTP penjual mobil seken Batam demi keamanan. Telusuri juga gaya bahasa dan respon penjual dan pastikan tidak ada yang janggal dan yang paling penting untuk yang satu kota adalah langsung mendatangi lokasi mobil berada. Bagi yang di luar kota batam, alangkah baiknya minta bantuan saudara atau kerabat untuk cek kondisi mobil.

• Mengajukan Pertanyaan Secara Detil

Jangan takut untuk menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan mobil lebih jauh. Hal ini nantinya sangat membantu dalam penanganan dan perawatan mobil yang hendak dibeli tersebut. Jadilah pembeli yang teliti, bukan menjadi masalah untuk menanyakan setiap fitur mobil. Penjual yang memaklumi hal ini akan bersikap santai menanggapi dan bukan malah marah-marah.

• Meneliti Foto Dengan Seksama

Penjualan mobil bekas Batam melalui media online tentu bergantung pada foto yang dipajang dalam halaman iklannya untuk menarik hati para calon pembeli. Foto menjadi aspek yang sangat berpengaruh dalam muatan iklan. Pembeli memiliki hak untuk memastikan apakah mobil yang hendak dibeli benar-benar berkualitas atau tidak. Mintalah setidaknya 10 foto berbagai posisi mobil mulai dari body depan, body belakang, mesin, nomor plat, nomor mesin dan yang lainnya untuk benar-benar memastikan atau yang terbaik anda langsung meminta alamat penjual sehingga bisa datang langsung menyusuaikan foto dan kondisi real mobil.

• Melakukan Pengecekan Fisik Mobil

Jika lokasi penjualan dapat dijangkau, sebaiknya datangi langsung lokasi mobil tersebut dan lakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap mobil. Lakukan crosscheck antara kondisi mobil dengan penjelasan penjual mengenai mobil seken Batam murah yang ditawarkan. Pastikan adanya koherensi di antara keduanya. Jika tidak paham tentang mobil, sebaiknya ajak kerabat dan saudara yang paham benar terkait mobil.

• Mempelajari Mobil

Pembelian mobil yang merupakan barang dengan harga cukup tinggi sangat disarankan untuk dilihat secara langsung wujud fisiknya. Untuk memastikan performa mobil, lakukan test drive untuk lebih mempelajari kondisi mobil bekas yang hendak dibeli. Pastikan kenyamanan dan performa mesin yang berkualitas.

• Melakukan Pengecekan Terhadap Rem

Rem merupakan komponen yang sangat penting yang harus diperhatikan saat membeli mobil karena berhubungan langsung dengan keamanan dan keselamatan. Jangan tertipu dengan tampilan luar mobil yang bagus namun ternyata remnya bermasalah. Sebagai calon pembeli, Anda wajib mengecek mesin dan rem apakah masih berfungsi dengan baik. Jangan mengambil resiko dengan mengabaikan hal ini hanya karena tampilan luarnya bagus.

• Sesuaikan Budget Pembelian

Jangan asal membeli mobil bekas Batam murah olx dengan tidak mempetimbangkan dana yang harus dikeluarkan. Perhatikan ketersediaan budget yang telah ditentukan sebelumnya sehingga pembelian mobil tidak mengganggu kestabilan ekonomi keluarga.

• Pastikan Kerjasama Leasing Kredit

Jika memutuskan untuk membeli mobil siap pakai tersebut secara Kredit, pastikan dahulu leasing mana saja yang bekerja sama, dan bagaimana simulasi kreditnya, tidak ada salahnya anda meminta simulasi kasar perhitungan cicilan per bulan untuk mobil tersebut, dan pastikan leasing yang bekerja sama adalah yang memiliki kredibilitas dan dikenal bagus di kota batam .

Demikianlah beberapa cara dan tips dalam membeli mobil bekas Batam secara online yang aman dan terhindar dari penipuan yang saat ini sedang merajalela. Semoga bermanfaat!

0 Komentar Cara Aman Membeli Mobil Bekas Batam Lewat Online

Posting Komentar

Back To Top