JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Rabu, 08 November 2017

Mengenal Lebih Dalam Tentang Mobil Bekas Jenis Matic

Saat ini keberadaan mobil bekas jenis matic semakin luas dan laris manis di pasaran. Mobil matic lebih mudah dikendarai dibandingkan mobil manual sebab menawarkan sistem transmisi yang simpel dan sangat cocok dikendarai di jalanan perkotaan. Intinya Anda jadi tidak perlu menekan pedal kopling dan cukup fokus pada menginjak gas serta rem saja. Berikut ini segala macam informasi tentang mobil seken Batam dan tips yang perlu Anda ketahui agar mobil matic lebih awet pemakaiannya.

Mengenal transmisi matic pada mobil bekas Batam


Pertama-tama, Anda perlu mengetahui tentang fungsi angka serta huruf yang sering ditemui pada mobil bekas Batam jenis matic. Anda akan melihat pada bagian tuas transmisi mobil matic sebuah simbol-simbol berupa huruf atau angka seperti P-R-N-D-L dan 3, 2 dan 1. Angka sendiri menunjukkan gigi sedangkan huruf tersebut mewakili fungsi-fungsi tersebut yaitu:

- P = Parkir
- R = Reverse
- N = Netral
- D = Drive
- L = Low (gear)

Fungsi-fungsi tersebut akan sangat membantu pengemudi dalam mengendalikan dan mengendarai mobil bekas Batam murah mereka, misalnya saja penggunaan L saat ingin menanjak dan mobil memang membutuhkan tenaga tambahan untuk itu. Atau jika Anda ingin memakirkan mobil, maka Anda perlu mengubah tuas ke posisi P untuk mengunci transmisi sehingga mobil jadi tidak bisa didorong, dan fungsi-fungsi yang lainnya.

Berikut ini cara menggunakan atau mengendalikan transmisi pada mobil bekas batam 2017 yang nantinya akan Anda sering temui:

1. Sebelum menghidupkan mesin mobil matic, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa tuas atau gagang mobil berada di simbol N atau P. Banyak pabrikan mobil matic yang sengaja membuat mesin kendaraan hanya dapat dihidupkan ketika tuas ada pada posisi tersebut.

2. Saat mesin hidup, tunggu sebentar agar suhu kerja dapat tercapai dan transmisi mobil juga dapat bekerja dengan maksimal dan baik. Jangan lupa saat ingin mengganti tuas mobil ke posisi huruf lainnya, injaklah pedal rem mobil untuk menghindari kerusakan mekanis. Misalnya Anda ingin pindah dari posisi P lalu ke R kemudian ke N, dst.

3. Dalam kondisi jalan normal, sebaiknya gunakan posisi tuas di D untuk maju dan R untuk mundur. Jika ingin menanjak jalanan yang sangat curam dan mobil butuh dorongan kencang, maka bisa posisikan di L.

4. Mobil bekas Batam hari ini biasanya sering dilengkapi dengan mode-mode pengoperasian tertentu seperti mode ekonomis dan mode power. Misalnya saja mode ekonomis dapat dipilih ketika jalanan sedang macet sehingga mobil dapat menghemat bahan bakar bensin. Sedangkan mode power agar mobil bisa berakselerasi lebih sempurna.

5. Yang terakhir, saat ingin melakukan pergantian atau perpindahan tuas mobil, khususnya dari atas ke bawah dan sebaliknya, maka perhatikan pula kecepatan mobil. Pergantian tuas saat mobil sedang melaju sangat kencang dapat menyebabkan gearbox cepat rusak.

Mengetahui informasi tentang transmisi mobil matic sangatlah penting, agar Anda juga dapat mempraktekkan pemakaian mobil jenis matic yang benar sehingga mobil tetap awet sehingga Anda tidak perlu sering-sering cari mobil bekas batam murah.

Cara mengerem dan merawat mobil bekas jenis matic


Penting bagi Anda untuk tahu tentang cara mengerem mobil matic yang benar sehingga menghindari kerusakan. Banyak orang yang sering menginjak pedal rem dengan kaki kiri, padahal hal ini sangat berbahaya sebab bisa menimbulkan missed feeling sehingga lebih baik selalu tekan pedal dengan kaki kanan dalam mengoperasikan baik pedal gas maupun rem. Kemudian hindari menginjak pedas gas dan rem bebarengan sebab hal tersebut dapat membuat mobil matic cepat rusak khususnya pada bagian transmisi mobil matic. Mengapa? Sebab saat kopling masih dalam kondisi berputar, tiba-tiba saja gerakannya ditahan secara paksa. Oleh karena itu, selalu operasikan pedal gas dan rem secara bergantian dengan benar.
Selanjutnya adalah mengenai cara merawat mobil bekas Batam adalah dengan:

1. Melakukan servis secara berkala
Hal ini untuk selalu memastikan kondisi mobil bekas Anda masih dalam keadaan baik. Sebaiknya selalu serviskan mobil tiap waktu kalau sudah mencapai 10.000 km atau sekitar 6 bulan sekali.

2. Ganti oli
Oli mobil memang harus selalu diganti, sehingga jangan lupa ganti oli transmisi mobil tepat waktu. Biasanya oli perlu diganti kalau sudah mencapai 25.000 km atau maksimal 50.000 km. Gunakan juga pelumas transmisi sesuai dengan rekomendasi merek mobil bekas Batam.

3. Cek selalu kinerja transmisi mobil
Lebih baik cek selalu kondisi mobil apakah ada kebocoran khususnya di bagian gasket transmisi. Kebocoran tersebut bisa terjadi disebabkan perpindahan tuas yang terlalu kasar dan sering menyentak pedal gas yang dapat berakibat valve bocor atau cepat rusak. Cek kerja transmisi dan kalau mobil dapat berjalan halus tanpa hentakan berarti kondisi masih baik.

Itulah tadi beberapa tips dan cara mengerem dan merawat mobil dengan benar. Diharapkan tips pemakaian di atas dapat membuat mobil tetap terjaga dan awet meski dalam kondisi sudah lama pakai atau bekas.

Jual beli mobil bekas jenis matic di Batam


Mobil matic saat ini malah sekarang lebih laris di pasaran jual beli mobil bekas Batam ketimbang mobil manual sebab kemudahan berkendara yang ditawarkan. Ada berbagai macam merek mobil matic yang diperjual belikan di pasar mobil bekas atau showroom mobil bekas Batam seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga, Toyota Rush, dan sebagainya.

Dalam membeli mobil matic bekas di Batam ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tak salah memilih nantinya, yaitu:

- Cek kondisi olinya dengan menyalakan mesin mobilnya. Lihat apakah kondisi oli masih segar dan tidak keruh atau berwarna hitam. Kalau oli matic kelihatan hitam ada indikasi oli sudah lama tidak diganti atau ada indikasi kerusakan.

- Cek bodi transmisi ada kebocoran atau tidak, caranya dengan melihat di bagian unit transmisi apakah ada belepotan oli atau ada campuran debu dengan oli. Lihat juga apakah ada rembesan, bisa jadi rembesan berasal dari karet seal atau celah blok.

- Dengarkan apakah ada suara atau bunyi aneh
Hidupkan mobil dan dengarkan suara mesinnya apakah kedengaran yang aneh. Saat posisi tuas mobil digeser ke posisi R atau D, cobalah cek. Kalau ada bunyi yang tidak wajar maka sebaiknya hindari.

- Cek bagian lampu indikator
Pastikan nyala lampu indikator di bagian panel tuas masih menyala. Selain itu, pastikan pula lampu overdrive masih berfungsi baik ketika tombol OD ditekan. Saat saat menggeser tuas mobil, cek juga malfuction indicator lamp masih menyala atau tidak.

- Test drive
Tentunya waktu Anda berniat membeli mobil bekas berapapun harga mobil bekas Batam tersebut, amatlah penting untuk melakukan test drive. Jika sudah sampai tahapan ini, penting untuk peka terhadap berbagai hal yang mungkin saja muncul misalnya ada kerusakaan saat mobil dijalankan dan sebagainya.

Demikian informasi untuk mengenal lebih dalam tentang mobil bekas jenis matic di pasaran jual beli mobil seken Batam. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Mengenal Lebih Dalam Tentang Mobil Bekas Jenis Matic

Posting Komentar

Back To Top