JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Rabu, 15 November 2017

14 Cara Menghemat BBM Agar Tidak Cepat Habis

Mungkin Anda sering mengalami keadaan mobil bekas yang boros bensin dikarenakan berbagai faktor. Apalagi jika Anda membeli mobil keluaran tahun lama yang belum memiliki teknologi dalam penghematan bbm. Untungnya masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat bensin mobil lebih hemat, di bawah ini terdapat beberapa trik dan tips yang bisa Anda lakukan.


Ikutilah cara menghemat BBM agar tidak cepat habis ini


Berikut ini cara menghemat bensin agar tidak cepat habis pada mobil bekas Batam, yaitu dengan:

1. Isilah bensin di waktu pagi

Semua SPBU di Indonesia memiliki tangki penyimpanan bensin di bawah tanah dan diyakini bahwa ketika suhu tanah dalam keadaan dingin, maka bahan bakar yang disimpan di dalam tanah akan lebih kental dan padat. Sebaliknya, jika saat temperature hangat atau panas, maka bbm akan mengembang. Makanya, sangat disarankan bahwa Anda melakukan pengisian bensin di waktu pagi saat suhu tanah dingin karena jika melakukan pengisian di siang hari, maka jumlah bensin yang masuk ke tangki mobil bekas Batam murah Anda akan lebih sedikit dibandingkan jumlah liter yang Anda beli.

2. Jalankanlah mobil sesuai batas kecepatan

Bahan bakar mobil akan lebih cepat habis ketika Anda semakin menambah kecepatan kendaraan Anda. Oleh karena itu, untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar bensin maka lebih baik menjalankan mobil sesuai dengan batas kecepatan yang sudah ditentukan dan mempertahankan laju kecepatannya tidak melebihi batas tersebut, atau bisa juga mengendarai mobil ada dengan kecepatan yg stabil.

3. Menggunakan gigi yang tepat

Jika Anda membeli mobil bekas dengan tipe manual, maka untuk menjalankannya Anda harus mengatur gigi. Ketika menjalankan mobil untuk melintasi tanjakan atau jalan meninggi jangan menggunakan gigi yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan mobil lebih boros bensin. Oleh karena itu gunakan gigi yang tepat saat berkendara.

4. Isilah bensin saat tangki bahan bakar masih setengah penuh

Tips menghemat bbm agar tidak cepat habis pada mobil seken Batam adalah dengan  mengisi bensin ketika tangki bahan bakar masih setengah penuh. Sebagai catatan, semakin banyak bbm di dalam tangki maka semakin sedikit juga udara yang berada di tangki tersebut. Hal ini akan mencegah bbm untuk menguap lebih cepat dan berkurang jumlanya, atau mudahnya adalah selalu mengisi bensin full tank.

5. Jangan mengisi bbm saat ada truk pengisi tangki

Saat truk pengisi bahan bakar mengisi tangki penyimpanan SPBU, maka bensin yang ada kemungkinan besar akan tercampur serta kotoran yang sudah mengendap di dalam tangki akan naik dan akan masuk ke dalam tangki bensin mobil Anda. Karenanya, lebih baik jangan mengisi bbm ketika ada truk pengisi tangki untuk menghindari hal ini terjadi.

6. Menjaga jarak kendaraan

Apa kaitannya menjaga jarak mobil Anda dengan kendaraan di depan ketika sedang berkendara? Perlu Anda ketahui bahwa ketika tiba-tiba Anda mengerem mobil Anda untuk menghindari menabrak kendaraan di depan dengan menekan gas maka hal ini akan membuat bensin lebih cepat boros, apalagi ketika Anda harus mengembalikan kendaraan ke kecepatan semula.

7. Parkirlah di tempat yang sejuk

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bensin itu mudah sekali menguap, apalagi jika suhu atau temperatur sedang panas. Untuk mencegah agar bahan bakar tidak mudah menguap di tangki bensin mobil bekas Batam 2017 Anda, maka lebih baik parkirlah di tempat yang sejuk.

8. Lakukan servis dan perawatan mobil secara berkala

Meski Anda membeli mobil di showroom atau dealer mobil bekas Batam, Anda tetap harus melakukan servis dan perawatan mobil secara berkala. Yang terpenting adalah rutin mengganti saringan udara yang kotor agar penggunaan bensin lebih efisien. Selain itu lakukanlah tune up tepat waktu demi membuat mesin berputar lebih lancar, mengisi angin ban, serta memakai oli sintetis dikatakan akan lebih menghemat bahan bakar bensin sebanyak 5 persen.

9. Menghindari kemacetan

Saat mobil terjebak macet, maka Anda harus mengendarainya dengan cara berhenti maju yang pada akhirnya membuat bensin lebih cepat habis alias boros. Oleh karena itu, saat berkendara maka lebih baik hindari jalanan yang macet jika mungkin.

10. Menyalakan AC mobil

Jika Anda tidak membeli mobil bekas, namun sudah memakai mobil baru maka memang penggunaan AC tidak akan berdampak pada pemborosan bensin. Tetapi jika Anda mematikan AC dan membuka jendela maka udara yang masuk bisa saja membuat laju mobil lebih barat dan Anda terpaksa harus menginjak pedal gas mobil lebih berat dan lebih dalam sehingga bbm akan cepat habis. Banyak yang mengatakan bahwa AC nyala bensinnya lebih boros, sebenarnya AC nyala, tidak begitu banyak mempengaruhi penggunaan bensin, apalagi saat mobil jalan, memang kerja AC cukup berat ketika mobil dalam keadaan idle/diam cukup lama namun AC menyala, namun banyak test amatir yang ternyata pengaruhnya tidak cukup signifikan.

11. Tambah kecepatan mobil secara perlahan

Saat melaju dengan mobil, maka menginjak gas dalam-dalam dengan cepat setelah mengurangi laju kendaraan malah akan membuat bensin mobil lebih cepat habis. Oleh karena itu, ketika ingin menambah kecepatan lebih baik lakukan secara perlahan dan bertahap jangan langsung ngegas dengan dalam tiba-tiba.

12. Matikan mesin ketika berhenti lebih dari semenit

Saat Anda memberhentikan mobil lebih dari dari satu menit, sebaiknya mesin mobil dimatikan agar bensin jadi lebih hemat dan tidak mudah habis.  Contohnya saat Anda berhenti di traffic light, kadang kita harus berhenti lebih dari semenit, Anda bisa mematikan mesin mobil ketika itu.

13. Mengangkat beban yang ringan

Seringkali kita memasukkan banyak barang ke dalam bagasi mobil. Padahal semakin berat beban yang harus diangkat oleh mobil, maka akan semakin lambat laju kendaraan kita dan kita terpaksa menekan gas lebih dalam dan pada akhirnya membuat bensin mobil cepat habis. Kurangi atau jangan terlalu sering membawa barang-barang bawaan yang terlalu berat agar Anda tak terpaksa menginjak pedal gas terlalu dalam dan bensin jadi cepat boros.

14. Aturlah putaran mesin

Laju putaran mesin mobil seken Batam yang terlalu rendah atau terlalu tinggi secara terus menerus bisa berpotensi menyebabkan bahan bakar bensin lebih cepat habis. Oleh karena itu cobalah mengatur laju putaran mesin mobil yang idealnya berkisar berkisar di antara 3.000 rpm. (Hal ini bisa coba diskusikan dengan Mekanik tempat anda biasa Service / Tune Up Mobil.

Itulah tadi beberapa tips dalam menghemat bahan bakar bensin mobil agar tidak cepat habis dan tentunya menghemat biaya pengeluaran bensin Anda. Membeli mobil bekas terkadang kita khawatir akan teknologi yang ada untuk mendukung penghematan bensin. Namun sebetulnya hal tersebut bisa diatasi jika Anda tahu dan mempraktekkan cara-cara penghematan bbm seperti contoh dan tips di atas.

Untungnya sekarang, banyak sekali showroom mobil bekas Batam yang juga menjual mobil-mobil seken keluaran masih baru. Ada banyak mobil bekas yang baru sebentar dipakai sudah dijual oleh pemiliknya. Anda bisa mencari berbagai macam mobil bekas yang irit bahan bakar seperti mobil Avanza bekas Batam, Ertiga, dan lain sebagainya. Ada banyak merek dan tipe mobil ideal yang dapat dipilih dan lebih hemat dalam pemakaian bahan bakar bensin untuk penghematan biaya sehari-hari. Semoga informasi tentang cara menghematl bbm agar tidak cepat habis pada mobil bekas ini bermanfaat.

0 Komentar 14 Cara Menghemat BBM Agar Tidak Cepat Habis

Posting Komentar

Back To Top