JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Sabtu, 14 Oktober 2017

Cara Mengurus Balik Nama Mobil Seken Batam

Mobil bekas Batam yang saat ini semakin tinggi peminatnya di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Membeli mobil bekas tentunya masih atas nama orang lain yang merupakan pemegang sebelumnya. Padahal setiap tahunnya, pajak atas mobil tersebut (Pajak Kendaraan Bermotor) haruslah dibayarkan. Dokumen yang diperlukan tak terlepas dari KTP sang pemilik sesuai BPKB. Akan sangat merepotkan jika pemilik KTP tersebut tinggal di lokasi yang jauh sehingga susah saat hendak meminjamnya untuk membayar pajak. Jalan satu-satunya agar tak direpotkan dengan pinjam meminjam KTP tersebut adalah dengan balik nama.

Cara Mengurus Balik Nama Mobil Bekas Batam



1. Biaya Balik Nama mobil


Banyak yang bilang proses balik nama mobil bekas Batam murah memerlukan dana dalam jumlah besar. Pendapat tersebut tidak 100% benar karena untuk masalah biaya sangat bergantung pada peraturan daerah yang berbeda-beda di masing-masing wilayahnya. Terdapat dua jenis biaya yang harus dikeluarkan pada saat proses balik nama mobil, antara lain:

a. Biaya pajak

Biaya pajak merupakan jumlah dana yang sudah tertera pada STNK masing-masing mobil atau kendaraan. Terdapat beberapa uraian biaya pajak yang tertera pada STNK yaitu.

• PKB
Jumlah dana untuk biaya PKB pada umumnya tidak berubah dan justru akan turun seiring bertambahnya usia kendaraan. Biaya PKB berbeda dengan Pajak Progesif yang justru akan semakin meningkat jika wajib pajak memiliki kendaraan lebih dari satu dan terus meningkat sesuai dengan bertambahnya jumlah yang dimiliki.

• BBN KB
BBN KB merupakan akronim dari Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor yang dapat dihitung dengan rumus 2/3 dikali jumlah PKB.

• SWDKLLJ
Sedangkan SWDKLLJ adalah singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Untuk besaran biaya ini sudah ditentukan nominalnya oleh pemerintah. Nominal untuk mobil lebih tinggi dibandingkan dengan nominal pada kendaraan roda dua. 

• Biaya ADM TNKB
Tak berbeda dengan SWDKLLJ, biaya ADM TNKB besarannya juga sudah ditentukan oleh pemerintah baik untuk mobil maupun kendaraan roda dua. Namun biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu. 

b. Biaya di luar pajak 

Setelah pembelian mobil seken Batam dan hendak membalik namanya, terdapat pula biaya di luar pajak yang terdiri atas tip petugas cek fisik, pengesahan hasil cek fisik, dan pendaftaran balik nama.


2. Cara Pengurusan Balik Nama Mobil


Saat hendak melakukan balik nama, jangan terburu-buru saat pergi ke samsat sesuai penerbitan BPKB mobil seken Batam murah yang hendak dibalik nama. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa dokumen yang harus siapkan untuk kelengkapan berkas. Daripada Anda sudah jauh-jauh pergi ternyata terdapat dokumen yang masih tertinggal, maka akan sangat memakan waktu, tenaga dan biaya. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan yaitu:

• Fotokopi KTP pemilik mobil sebelumnya dan saat ini (baru)

• BPKB asli dan fotokopi

• STNK asli dan fotokopi

• Kwitansi atau bukti pembayaran kendaraan yang dibubuhi materai Rp.6000,-

Berikut ini adalah prosedur yang harus dilakukan pada proses balik nama mobil bekas Batam murah olx setelah sampai di samsat:

• Pastikan Anda membawa atau mengendarai mobil yang hendak dibalik nama kemudian langsung menuju lokasi Cek Fisik.

• Buka kap dan petugas cek fisik akan segera melakukan proses cek fisik disertai pengisian formulir dan penempelan stiker nomor mesin. Petugas akan melakukan proses cek fisik sesuai antrian. Jadi, usahakan untuk datang pagi.

• Petugas cek fisik akan memberikan formulir kepada Anda untuk diisi sesuai data STNK.

• Serahkan formulir yang sudah diisi pad loket pendaftaran disertai STNK asli.

• Petugas akan memanggil sesuai nama yang tertera pada STNK lalu Anda akan diminta mengumpulkan berkas-berkas lainnya seperti formulir cek fisik, STNK asli dan fotokopi, fotokopi KTP pemilik baru dan fotokopi BPKP serta kwitansi. Setelah berkas lengkap, barulah Anda dimintai BPKB yang asli.

• Anda akan dipanggil dan seluruh dokumen akan diserahkan pada Anda untuk diberikan kepada petugas pada loket yang berbeda. Lalu serahkan berkasnya dan tunggu panggilan.

• Kemudian setelah dipanggil, akan diberi tagihan dengan nominal yang harus dibayarkan saat itu juga. 

• Setelah selesai melakukan pembayaran, Anda akan menerima tanda terima dan cap lunas dari seluruh berkas yang sudah dikumpulkan lalu gunakan bukti tersebut untuk mengurus BPKB dengan nama pemilik baru di POLDA setempat.

Memang pengurusan balik nama setelah pembelian mobil bekas Batam memerlukan prosedur dan waktu yang tidak sebentar. Namun semuanya akan terasa mudah saat dilakukan dan pengalaman akan semakin bertambah.

Silahkan koreksi jika ada kesalahan prosedur atau ada yang perlu ditambahkan dalam prosedur diatas, jangan lupa Share agar masyarakat batam bisa paham dan tau bagaimana cara mengurus balik nama mobil seken batam.

0 Komentar Cara Mengurus Balik Nama Mobil Seken Batam

Posting Komentar

Back To Top