JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Senin, 30 Oktober 2017

Cara Membawa Mobil Bekas Batam Bisa Keluar Batam

Banyak orang yang senang berburu berbagai barang di Batam, termasuk untuk mencari mobil. Karena harga mobil di Batam tidak semahal di kota-kota lain. Batam juga menyediakan berbagai mobil yang dikirim dari luar negeri ataupun mobil bekas dalam negeri. Oleh karenanya, banyak orang yang melakukan perjalanan ke Batam untuk mencari mobil idaman mereka. Namun kemudian banyak orang yang mulai enggan berburu mobil murah di batam karena sulitnya akses dan banyaknya persyaratan. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara untuk membawa mobil bekas Batam bisa keluar Batam di bawah ini.

Mobil Bekas Batam, Bisa Keluar BatamCara Membawa Mobil Bekas Batam Bisa Keluar Batam


Untuk membawa mobil bekas Batam bisa keluar Batam, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui, yaitu:

1. Memeriksa kelengkapan surat menyurat dalam berburu mobil murah di Batam adalah suatu kewajiban. Karena tanpa kelengkapan surat yang jelas, akan mempersulit urusan anda untuk membeli mobil tersebut.

2. Memeriksa kelengkapan administrasi dan pembayaran. Maksudnya, pembeli harus melakukan pengecekan dari mobil tersebut, termasuk pembayaran pajak. Ini penting untuk dilakukan dalam cara beli mobil dari Batam. Karena bila ternyata pembayaran pajak belum dilakukan, anda dapat mempertanyakannya kepada si pemilik atau si penjual. Dan bila ternyata sudah dilakukan pembayaran, maka lanjutkan ke proses yang selanjutnya.
( Catatan : Pembayaran PPN 10% Hanya 1x Seumur Hidup untuk Mobil tsb)

3. Setelah yakin dengan segala kelengkapan data dan pembayaran PPN 10% atau mobil sudah dipastikan bisa keluar batam, maka bisa melakukan pengurusan surat jalan di kantor polresta barelang dengan membawa kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK, BPKB, dan Surat Pembayaran PPN. Nanti petugas di polresta barelang yang akan mengecek kesesuaian berkas dengan kendaraan, jika persyaratan sudah lengkap dan terpenuhi, maka surat jalan bisa dikeluarkan.

4. Anda perlu mengetahui jenis plat mobil yang akan dibeli di Batam. Karena tidak semua jenis plat mobil dapat keluar dari Batam. Hal ini memang agak berbeda dengan membeli mobil bekas Bintan. Karena caranya yang lebih mudah diikuti. Namun untuk mengetahui beberapa mobil dengan plat nomor yang dapat dibawa keluar dari Batam, simaklah informasi berikut.

Pilih Plat Nomor Mobil Bekas Batam Bisa Keluar Batam


Di Batam terdapat beragam jenis plat nomor mobil, namun tidak semua mobil dengan plat dapat anda beli. Karena terdapat beberapa peraturan yang mengaturnya. Untuk mengetahui plat nomor mobil bekas Batam bisa keluar Batam, simaklah informasi berikut:


1. Plat nomor selain Y,V,X,U dan Z

Plat nomor mobil selain huruf Y,V,X,U dan Z berarti mobil tersebut adalah mobil lokal. Maksudnya, mobil ini adalah mobil yang dikirimkan dari Jakarta oleh dealer. Dengan kata lain, mobil ini adalah mobil baru. Maka dari itu, mobil ini dapat dibawa untuk keluar dari Batam, namun tetap harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Pengecekan yang dilakukan berupa pengecekan ppn, jika ppn sebesar 10% sudah dibayarkan.

2. Plat Y

Mobil dengan plat yang dapat di bawa keluar Batam berikutnya adalah mobil dengan plat Y. Contohnya BP 1203 YU atau BP 7856 YM. Mobil ini adalah mobil mutasi dari Jakarta yang kemudian diberikan plat BP. Untuk mengetahui apakah ini benar mobil mutasi dari Jakarta atau tidak. Lakukanlah pengecekan pada STNK atau pada lembar pajak mobilnya.

Dan satu hal lagi, mobil dengan plat Y ini adalah mobil yang dapat dibawa keluar dari Batam. Serta, tidak perlu lagi untuk melakukan pembayar ppn 10%. Jika tidak ingin bingung dalam mencari mobil bekas Batam bisa keluar Batam, karena telah hadir www.mobilbekasbatam.web.id solusi masalah mobil bekas batam terbaik.

3. Plat nomor V,X,U dan Z

Untuk mobil dengan plat nomor V,X,U dan Z sudah dapat dipastikan, mobil ini tidak dapat dibawa keluar dari Batam. Karena mobil sudah memiliki peruntukkannya masing-masing. Contohnya, mobil dengan plat nomor BP 7856 UH atau BP 4258 PU adalah mobil angkutan umum. Bila mobil yang dibeli adalah mobil yang berplat nomor Z mobil tersebut pun tidak dapat di bawa keluar dari Batam, karena mobil tersebut adalah mobil impor dari luar negeri. Mobil tersebut awalnya mobil berplat nomor X yang kemudian di registrasi ulang dan berubah plat menjadi Z.

Bila sudah mengetahui cara membawa mobil bekas batam bisa keluar batam, maka anda dapat segera membeli mobil yang diinginkan. Namun jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin mobil tersebut. Sehingga mobil ini dapat digunakan di kota asal anda dan cukup bertahan lama sampai ingin menggantinya di kemudian hari. Inilah akhir dari informasi ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda. Terimakasih sudah membaca.

Jika ada yang perlu di ralat atau ditambahkan, bisa memberikannya di komentar, jika perlu, nantinya bisa saya tambahkan ke Artikel ini.

Dan juga bagi kalian yang mau cari mobil bekas, bisa juga melalui SEVA Tempat Mobil Online .

Jangan lupa Share ya!

12 Komentar Cara Membawa Mobil Bekas Batam Bisa Keluar Batam

  1. Izin tanya bg,estimasi ppn untuk innova E 2014 sampai berapa ya?
    Trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10% dari Harga rata2 pasaran sekennya ..

      Hapus
    2. Trus mau tny lgi ni bg,klo pngurusan ppn nya gmn bg? Syarat dan berkas ny apa j yg d bwa, byar ny d kntor mn?
      Mohon pencerahan nya bg..

      Hapus
  2. Bg izin nanya..biaya ngurus Surat jalan/cek fisik Mobil itu biasanya kena berapa bg?

    BalasHapus
  3. Mau tny, mobil sy plat Z ada bpkb, stnk sm surat mirip kuitansi. Itu surat apa ya, apakah form A. Mslhnya suratnya rusak krn sdh uzur. Utk jual beli mesti pakai surat itu jg ga? Kalau mengurus gantinya bgmn ya? Trimakasih

    BalasHapus
  4. Pak mau tanya klau plat BP 1795 JY apakah bisa di mutasi keluar propensi yaa pak..

    BalasHapus
  5. Ini posisi mobil di jakarta tapi plat BP 1795 JY mau di mutasi kejakarta.apakah bisa dan persaratannya apa saja..mohon infonya pak..

    BalasHapus
  6. Bg izin tanya, kendaraan saya truck dengan nopol BP....DD dan BP.... DC di STNK ada Cap Stempel FASILITAS FTZ CKD apakah bisa dibawa keluar dari Batam. terima kasih

    BalasHapus
  7. Mahu Tanya Ini kalau mobil rush tahun 2015 dengan plat Bp... Ho
    Kalau bayar ppn nya berapa
    Harus sesuai factur nya kan sekarang Dia seken?

    BalasHapus
  8. terimakasih informasinya bang, sangat amat membantu
    https://mokasmedan.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Kira kira brapa besar ppn ertiga 2012 manual mas

    BalasHapus
  10. Artikel nya sangat bagus sekali
    jangan lupa berkunjung ya https://agungtoyotabatam.id/ untuk informasi mobil Toyota Batam Terbaru hanya di agung toyota batu ampar

    BalasHapus

Back To Top