JANGAN LUPA DI SHARE YA!

Senin, 16 Oktober 2017

Bagian-Bagian Onderdil Mobil Yang Wajib Kena Servis Berkala

Mobil bekas batam saat ini memang diminati oleh banyak masyarakat karena dibandrol dengan harga yang cukup ramah kantong. Mobil bekas yang sudah berpindah tangan pastilah membutuhkan perawatan yang jauh lebih intens dibanding saat membeli mobil baru yang onderdilnya memang masih benar-benar baru. Meskipun demikian, terdapat beberapa onderdil mobil yang membutuhkan perawatan berkala agar performa mobil selalu optimal.

Daftar onderdil yang wajib diservis berkala


Berikut ini adalah daftar onderdil yang harus diservis secara berkala supaya mobil tetap aman dan nyaman dikendarai:

• Kaki-kaki

Saat membeli mobil bekas Batam murah, pastikan bahwa kaki-kakinya masih dalam kondisi baik. Pada bagian kaki-kaki mobil juga harus dirawat secara berkala karena memiliki tugas yang cukup riskan dan signifikan. Beberapa onderdil mobil yang termasuk ke dalam kaki-kaki antara lain tierod, ball joint, booshing serta stabilizer memiliki masa waktu pemakaian. Onderdil kaki-kaki ini wajib diganti setiap jarak tempuh 100 ribu km atau kira-kira sekitar 5 tahun pemakaian.

Batas pemakaian inipun jika mobil dikemudikan di jalanan yang cenderung mulus tak bergelombang atau berloubang dan intensitas pengemudi yang halus. Apabila pengemudinya tergolong dalam karakter pengemudi kasar atau medan jalan yang dilalui terjal ataupun bergelombang, hal ini dapat mengurangi masa pemakaian hinga separuhnya. Oleh karenanya, saat hendak membeli mobil bekas khususnya mobil seken Batam, benar-benar perhatikan dahulu kualitas kaki-kaki serta mesin mobil supaya tidak kecewa di kemudian hari.

Jangan segan untuk menanyakan riwayat perawatan mobil terlebih bagian kaki-kakinya untuk memastikan bahwa komponen dan onderdil mobil benar-benar terawat. Apabila onderdil kaki-kaki sudah mulai aus, tentu saja hal ini akan mengakibatkan berbagai kerusakan pada mobil yang akan sangat mengganggu kinerja dan performa mobil. Beberapa gejala saat komponen kaki-kaki mobil mengalami kerusakan atau keausan antara lain munculnya suara berisik yang dihasilkan oleh ball joint serta tierod. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka bukan tidak mungkin komponen ini dapat terlepas dan menyebabkan dampak yang fatal. Pada saat hendak mengganti komponen kaki-kaki mobil, usahakan untuk selalu menggunakan onderdil yang original supaya terjamin kinerjanya serta dapat menghasilkan ketahanan seperti aslinya.

• Spooring dan Balancing

Medan jalanan yang dilalui mobil dan cara berkemudi tidak hanya berpengaruh terhadap kaki-kaki namun juga akan berpengaruh terhadap kondisi kelurusan roda. Roda yang terletak lurus dan seimbang adalah salah satu aspek penting dalam kenyamanan dan keamanan berkemudi. Presisi mobil dan roda-rodanya dapat berubah dan terganggu apabila mobil sering melewati medan terjal dan bergelombang.

Hal ini juga yang harus selalu diperhatikan pada saat membeli mobil seken Batam murah yang saat ini banyak dipasarkan baik secara langsung maupun melalui media jual beli online. Untuk selalu menjaga presisi dan keseimbangan roda-roda mobil, perlu dilakukan spooring dan balancing secara berkala. Melalui proses spooring dan balancing, maka kinerja dua pasang roda depan akan kembali seperti sedia kala dan dapat memutar seimbang. Biaya untuk proses spooring dan balancing tergolong ramah dompet. Spooring dan balancing yang dilakukan secara teratur akan membuat para pengemudi nyaman dalam mengendara. Spooring dan balancing sebaiknya dilakukan secara berkala pada rotasi ban setiap 5000 kilometer sekali.

• AC

Air Conditioner atau AC membutuhkan perawatan lebih jauh tak hanya sebatas mengisi ulang Freon saja. Freon akan habis dalam pemakaian jangka waktu tertentu dan membuat AC tidak berfungsi seperti normalnya. Jika diisi freonnya, maka masalah akan beres dan AC akan berfungsi secara normal. Sedangkan perawatan berkala AC sangat perlu dilakukan seperti halnya pada oli dan servis mesin. Perawatan AC perlu dilakukan secara rutin dan sangat dianjurkan mulai dari servis refigeran, penggantian pelumas serta dilakukan pembersihan secara teratur. Apalagi saat membeli mobil bekas Batam murah olx atau melalui media online lainnya, pastikan mobil tersebut memiliki AC yang dirawat secara teratur sehingga dapat berfungsi dengan baik. Perawatan AC yang standar dilakukan satu kali dalam kurun satu tahun sekali atau setiap 10 ribu hingga 20 ribu km.

Perawatan onderdil mobil bekas batam sangat perlu dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan kemanan berkendara. Beberapa onderdil di atas sangat wajib dirawat supaya tidak menyebabkan kerusakan yang berdampak lebih buruk.

0 Komentar Bagian-Bagian Onderdil Mobil Yang Wajib Kena Servis Berkala

Posting Komentar

Back To Top